Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Profil Mahad ‘Aly Al Madinah

Mahad 'Aly Al Madinah

Wahana Pelatihan juru dakwah dan muballigh

           logo_Ma'had 'Aly_ACCPendidikan sebagai salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia, harus mendapat perhatian yang proposional dalam kehidupan kita. Baik itu dari lembaga maupun perorangan dan atau dari pemerintah maupun swasta. Hal ini dikarenakan pendidikan memiliki peran penting bagi kemajuan umat dan bangsa di masa mendatang. Atas alasanitulah, pendidikan menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat sesuai dengan porsinya masing-masing.

        Pendidikan agama sebagai pondasi utama pembangunan kepribadian dan kareakter, merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan umat. Tafaqquh fiddin  (mengkaji agama) secara mendalam, merupakan salah satu upaya kongkrit dan menjadi kewajiban yang hukumnya fardhu kifayah bagi kaum muslimin. Oleh karena itu, memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk tafaqquh fiddin sebagai generasi penerus perlu dilakukan sebagai upaya menjalankan ibadah fardhu kifayah tersebut.

            Oleh karena itulah, sebagai upaya melaksanakan perintah Allah Ta’ala untuk berlomba mendapatkan dan menebarkan kebaikan kepada umat, maka Yayasan Al-Madinah Nusantara sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan berupaya mengambil bagian untuk berperan aktif dalam upaya memberikan pencerahan intelektual dan spiritual kepada umat. Sebagai wujud konkritnya, dirintislah sebuah program pelatihan juru dakwah dan muballigh yang memiliki khazanah ilmu yang dilandasi dengan pemahaman ulama salafushalih dan kesiapan berkhidmat kepada umat. Program tersebut diberi nama Mahad 'Aly Al Madinah atau pelatihan muballigh/da’i. Bimbingan dan arahan selama proses belajar, diharapkan dapat membantu mempercepat proses pembentukan kepribadian dan karakter muslim yang menyadari tanggung jawabnya terhadap agama.

        Program ini dilatarbelakangi oleh kondisi umat yang sangat membutuhkan para da’i dan muballigh yang berilmu, bermanhaj benar, berakhlak mulia, siap berkhidmat, dan berperan aktif dalam memberikan pencerahan intelektual maupun spiritual kepada umat Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh Yayasan Al Madinah Nusantara adalah membentuk pribadi muslim seutuhnya yang memiliki kesadaran mengamalkan dan memperjuangkan Islam secara menyeluruh; menyebarluaskan ditengah kaum muslimin kesadaran untuk kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih; mendidik dan membimbing pemuda-pemuda muslim untuk menjadi da’i/muballigh yang dapat membimbing kejalan Islam yang benar.

            Sistem pendidikan Mahad 'Aly Al Madinah  dirancang secara integral antara kegiatan intrakurikuler  dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler bertujuan memberikan wawasan keilmuan yang cukup kepada santri melalui metode ceramah, diskusi, visualisasi, studi pustaka, hafalan Al-Qur'an, dan lain-lain. Sedangkan kegiatan ekstra sebagai wahana pengembangan bakat, kreatifitas, dan kepekaan sosial  santri melalui kegiatan olahraga, pelatihan khutbah, bakti sosial, perawatan jenazah, training, rihlah, serta ditunjang dengan keterampilan-keterampilan seperti bekam, ruqyah dan sebagainya. Sistem pendidikan Mahad 'Aly Al Madinah juga, menerapkan pembelajaran yang integratif dan aplikatif serta menggabungkan metode klasik dan modern. Masa belajar dalam program ini  ditempuh selama 2 (dua) tahun yang terdiri dari empat semester.

            Beberapa materi yang diajarkan dalam program ini seperti, aqidah Islamiyah, tahfidzul Qur’an, ushulut tafsir, tafsir al-Qur’an, mustholah hadits, hadits, fiqih dan ushul fiqih, sirah nabawiyah, akhlaq, bahasa arab, fiqh da’wah dan sebagainya. Program ini menawarkan beberapa fasilitas seperti: biaya pendidikan gratis, asrama, perpustakaan, buku Paket, masjid 2 lantai, tenaga pengajar alumni Universitas Islam Madinah, LIPIA Jakarta dan perguruan tinggi Indonesia lainnya.

     Program ini dilaksanakan di Komplek Masjid Al-Iman Tebon Rt 04 Rw 31 Desa Sidoluhur, Godean, Sleman,Yogyakarta, Kode Pos 55564, Telp. (0274) 7004295. Lokasi yang berada di kawasan pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Lingkungan yang kondusif akan sangat mendukung dalam proses pembelajaran. 

Dokumentasi

gb1Ruang Perpustakaan PP. Al-Madinah Yogyakarta

gb2 Kegiatan ekstrakurikuler Pelatihan Manajeman

gb3Kegiatan Belajar-Mengajar di kelas

gb4Santri-santri Kulliyatul Muballighin PP. Al-Madinah Yogyakarta